Minggu, 01 November 2009

Pengertian Southbridge dan Northbridge pada Mainboard Proceccor

Pengertian Southbridge Dan Northbridge Pada Mainboard Komputer
Mainboard merupakan komponen yang paling penting pada PC Hal ini sesuai dengan namanya yang mengandung kata “main” dan juga fungsinya. Mainboard memiliki fungsi sebagai tempat bernaungnya berbagai komponen penyusun PC lainnya. Prosesor, kartu grafis, memori utama, CD-Writer, dan banyak lagi semuanya dihubungkan pada mainboard.
Sementara itu, komponen terpenting dari suatu mainboard adalah chipset. Disebut chipset karena memang ebih dari satu. Chipset pada mainboard umumnya terdiri dari dua buah chip yang sering disebut Northbridge Dan Southbridge. Memang ada juga mainboard yang memiliki satu buah chip utama saja. Pada mainboard jenis ini bisa dikatakan fungsi dari northbridge dan southbridge digabung semua pada satu chip tersebut. Karena merupakan komponen utama, chipset ataupun chip tersebut sangat berpengaruh akan kinerja dan kestabilan dari suatu mainboard.


Northbridge
Suatu northbridge secara umum bisa dikatakan lebih mempengaruhi kinerja mainboard dibandingkan dengan southbridge. Hal ini disebabkan northbridge ini bisa dibilang menangani prosesor, memori utama, kartu grafis, dan bahkan southbridge. Karena fungsinya yang menghubungkan beberapa komponen di atas itulah, northbridge sangat mempengaruhi kinerja dari sistem. Prosesor-prosesor terbaru cukup sering memerlukan northbridge yang baru juga agar dapat bekerja dengan baik. Baru-baru ini dual kanal memori utama menjadi tren. Kemampuan untuk mendukung dual kanal memori utama ini jelas ditentukan oleh northbridge yang digunakan. Selain masalah dual kanal, masalah mengenai frekuensi kerja dan timing dari memori utama juga dipengaruhi oleh northbridge ini. Wajar saja karena controller memori tentunya berada pada northbridge tersebut. Untuk prosesor, northbridge ini jelas mempengaruhi FSB (Front Side Bus) yang didukung dan fitur yang didukung (misalnya Hyper-Threading), di samping hal-hal lain tentunya. Jenis memori utama dan prosesor yang didukung juga ditentukan oleh northbridge ini. Hal yang sama juga berlaku untuk kartu grafis. Kartu grafis masa kini bisa dikatakan hampir semuanya menggunakan interface AGP. Dukungan akan versi AGP yang digunakan jelas diberikan oleh northbridge. Sebelum adanya AGP, kartu grafis menggunakan interface PCI dan tidak dihubungkan secara langsung dengan northbridge.
Southbridge
Arti istilah southbridge adalah salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lain. Chip lainnya adalah Northbridge.Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan prosesor ke memori system dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah Southbridge.
Southbridge ini bisa dikatakan menangani komponen lain yang tidak ditangani oleh northbridge. Southbridge ini menangani hal-hal seperti PCI, USB, kartu suara onboard, IDE, dan beberapa hal lain. Kinerja sistem juga akan dipengaruhi oleh southbridge ini. Bila southbridge tidak mendukung interface ATA berkecepatan tinggi misalnya, kinerja sistem khususnya yang sering mengakses harddisk akan terhambat. Selain masalah kinerja harddisk, kinerja sistem juga bisa dipengaruhi oleh kartu tambahan lainnya yang terpasang pada PCI. Bila kinerja PCI yang tersedia tidak baik, kinerja sistem juga akan terganggu. Jangan lupa juga akan kartu suara dan kartu jaringan yang onboard. Kartu suara onboard AC’97 misalnya, kinerjanya akan dipengaruhi oleh southbridge yang memang mengandung AC’97 Controller. Satu hal yang jelas, sehebat apapun kinerja dari southbridge, southbridge ini masih dihubungkan ke northbridge. Oleh karena itu, besarnya bandwidth yang tersedia antara southbridge dengan northbridge ini juga bisa mempengaruhi kinerja dari komputer itu.
Perbedaan southbridge dan northbridgeChipset utama pada mainboard ada dua yaitu Northbridge dan Southbridge. Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management. Sementara fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnyaMemanfaatkan Southbridge Baru SiSBoard ini merupakan salah satu produk Gigabyte untuk Pentium 4 yang menggunakan chipset "lawas". Terutama karena SiS sudah mengeluarkan chipset barunya untuk platform Pentium 4, SiS 648.GA-8ST667 dilengkapi dengan southbridge SiS 962L, dimana biasanya SiS 648 dipasangkan dengan southbridge SiS 961. Seperti kebanyakan board keluaran baru, 8ST667 dilengkapi dengan USB 2.0, audio codec 6 channel, serta mendukung IDE ATA133. Sayangnya, versi yang dikirimkan ke redaksi CHIP tidak disertai dengan onboard LAN 10/100.Seperti sudah menjadi "trademark" Gigabyte, produk ini juga sudah dilengkapi dengan fungsi Dual BIOS. Fungsi utamanya adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan BIOS. ROM BIOS utama akan dibackup kedalam chip BIOS kedua. Ciri khas lainnya nampak pada menu pengaturan BIOS yang tergolong sederhana. Tidak banyak terdapat pilihan konfigurasi yang mendetail, baik bagi memori maupun prosesor. Walaupun tidak menyediakan berbagai pengaturan seksama untuk meningkatkan kinerja. Gigabyte cukup terdepan untuk urusan performa. Demikian pula dengan GA-8ST667, kinerjanya terbilang memuaskan. CHIP sama sekali tidak memberikan kesulitan pada saat pertama kali mengoperasikannya. Dicky.Noviyanto@CHIP.co.id Kesimpulan CHIP: Harga chipset-nya yang relatif lebih murah dibanding pesaingnya merupakan satu keuntungan tersendiri untuk merakit "budget PC".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar